021- 4305959 | WA : 0812 9840 1480 lek2pn.jkt@gmail.com

Jadwal Diklat Sertifikasi Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah Dilengkapi Kiat kiat Khusus Lulus Ujian

 

JADWAL DIKLAT SERTIFIKASI PENGADAAN BARANG DAN JASA PEMERINTAH DILENGKAPI KIAT KIAT LULUS UJIAN

JADWAL DIKLAT SERTIFIKASI PENGADAAN BARANG DAN JASA PEMERINTAH DILENGKAPI KIAT KIAT LULUS UJIAN

PENDAHULUAN

Pengadaan barang dan jasa merupakan kegiatan pemenuhan kebutuhan pemerintah baik berupa barang maupun jasa yang pembiayaannya bersumber dari APBN ataupun APBD dengan tahapan-tahapan yang sudah diatur dalam peraturan-perundang-undangan. Barang dan jasa yang dimaksud disini bisa bermacam-macam jenisnya. Bisa alat tulis, baju, kendaraan, hingga satelit. Dengan adanya berbagai tahapan prosedur, diharapkan setiap proses pengadaan barang dan jasa dilakukan dengan transparan, akuntabel, kompetitif, dan bersih sehingga menghasilkan produk yang berkualitas dengan harga yang bersaing.

Telah banyak sorotan diarahkan pada berbagai masalah di seputar pengadaan barang dan jasa untuk kepentingan pemerintah, antara lain karena banyaknya penyimpangan dalam perencanaan, pelaksanaan, maupun pengawasannya.  Upaya pemberantasan korupsi khususnya di bidang ini hanya akan efektif jika diikuti dengan pencegahan dan upaya deteksi dini penyimpangan. Tidak dapat dipungkiri bahwa sebagian besar kasus tindak pidana korupsi yang menjerat rekanan penyedia barang/jasa pemerintah dan pengelola kegiatan pengadaan barang/jasa pemerintah (Gubernur, Bupati,Walikota, Sekretaris Daerah, PA/KPA, PPK, dan panitia pengadaan) terjadi pada kegiatan pengadaan barang/jasa pemerintah.

Rambu-rambu untuk mengatur kegiatan pengadaan barang/jasa pemerintah sebenarnya sudah sangat lengkap sebagaimana tercantum dalam Peraturan Presiden Nomor 70 Tahun 2012 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. Namun demikian, tidak semua orang menyadari adanya praktik-praktik tertentu yang dapat mengakibatkan terjadinya tindak pidana (korupsi) Secara normatif, prinsip pengadaan barang dan jasa menurut pasal 3 Keputusan Presiden Nomor 80 Tahun 2003 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah adalah efisien, efektif, terbuka, bersaing, transparan, dan adil/tidak diskriminatif, serta akuntabel.

 

Jadwal Diklat Sertifikasi Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah 

Lembaga Edukasi & Konsultasi Kebijakan Pembangunan Nasional Bekerjasama dengan Lembaga Training Keuangan Dan Pengadaan Indonesia (AKREDITASI B dari LKPP) Bermaksud Menyelenggarakan dan Mengundang Bapak/Ibu Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Anggota, Panitia Pengadaan dan Pejabat / Karyawan Lainnya untuk mengikuti Bimbingan Teknis serta Ujian Sertifikasi Keahlian Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Tingkat Dasar Model Blended Learning sesuai Perpres Nomor 16 Tahun 2018  yaitu secara E-Learning/ Online (maksimal 7 hari kerja / 22 JP) dan Tatap Muka/ Clasroom berikut Ujian (3 hari / 18 JP) sesuai ketentuan Terbaru dari LKPP dan berlaku sejak Bulan Juli 2019.

Kegiatan dibimbing langsung oleh pemateri dan trainer profesional dari LKPP, peserta diharapkan dapat memahami isi serta pelaksanaan Perpres Nomor 16 Tahun 2018, tingkat kelulusan bimtek ujian sertifikasi ahli pengadaan barang/jasa tahun 2018 rata-rata mencapai 70 %. Jadwal Diklat Sertifikasi Pengadaan

 

JADWAL BLANDED LEARNING :JADWAL UJIAN SERTIFIKASI :PERSYARATAN KEIKUTSERTAANBIAYA KONTRIBUSIFASILITAS PESERTAFORMULIR PENDAFTARAN

Alur Pelaksanaan Balanded Learning :

Data Peserta / Biodata sudah harus kami terima selambatnya 5 hari kerja (satu minggu) sebelum E-Learning dimulai. 

Dalam tahapan ini para peserta akan mendapatkan pembelajaran secara online, selama 3 jam setiap harinya dan setiap selesai materi akan ada test materi dengan passing grade ≥80, dapat diulang berkali kali hingga mencapai nilai tersebut. E- learning dikerjakan secara berurutan dan boleh dikejakan langsung dalam waktu 2 hari tapi tetap harus login setiap harinya. Jam pengerjaan e-learning bebas.

Jadwal Balanded Learning :

  1. Jumat – Senin : 04 – 14 September 2020
  2. Jumat – Senin : 02 – 12 Oktober 2020
  3. Jumat – Senin : 30 Oktober – 09 November 2020
  4. Jumat – Senin : 27 November – 07 Desember 2020

Tempat Kegiatan : Masing – Masing Daerah Tempat Peserta Berdomisili dan Terhubung Internet.

Alur Pelaksanaan Bimtek Tata Muka & Ujian Sertifikasi:

Bimtek dan Tryout (pembahasan soal-soal yang keluar pada saat ujian) Selama 3 hari. Pelaksanaan ujian sertifikasi ahli pengadaan barang/jasa pemerintah selama 1 hari.

Bimtek ujian sertifikasi ahli pengadaan barang dan jasa pemerintah dapat di selenggarakan secara in-house training. dengan peserta minimal 25 orang untuk jabodetabek dan 30 orang peserta diluar kota dengan biaya yg disesuaikan sesuai daerah pelaksanaan in house training tersebut. Dua minggu sebelum pelaksanaan bimtek dan ujian, peserta dapat mengecek jadwal ujian di Website resmi LKPP (ppsdm.lkpp.go.id).

Jadwal Bimtek & Ujian Sertifikasi Ahli Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah :

    1. Senin – Kamis : 14 – 17 September 2020
    2. Senin – Kamis : 12 – 15 Oktober 2020
    3. Senin – Kamis : 09 – 12 November 2020
    4. Senin – Kamis : 07 – 10 Desember 2020

Tempat Kegiatan : Hotel Amaris Pasar Baru *** Jl.Pasar Baru Timur No. 20 – 21 – Jakarta Pusat 10150  Telp. 021.3501818

  1. Biaya pendaftaran elearning wajib dibayarkan via transfer dengan menujukan bukti transfer paling lambat 2 hari sebelum elearning dimulai.
  2. Wajib mengisi formulir biodata calon peserta.
  3. Melampirkan surat tugas untuk mengikuti elearning, bimtek dan ujian sertifikasi ahli pengadaan barjas.
  4. Melampirkan lembar komitmen mengikuti pelatihan dan ujian sertifikasi barjas. (Lembar komitmen unduh disini)
  5. Melampirkan pas foto berwarna ukuran 3X4 
  6. Melampirkan KTP/Identitas
  7. Menunggu verifikasi pendaftaran dari LKPP
  8. Panitia menerbitkan akun peserta untuk membuka akses blanded learning
  9. Panitia memberikan akun/email yang sudah terdaftar dalam id balanded learning melalui whatsapp.

Rp. 750.000 (Tujuh ratus lima puluh ribu rupiah) Biaya mengikuti blanded learning. Dibayarkan via transfer sebelum mengikuti elearning.

Rp. 4.750.000,- (Empat juta tujuh ratus lima puluh ribu rupiah) Biaya mengikuti bimtek dan ujian sertifikasi ahli pengadaan barang dan jasa pemerintah.dibayarkan dibayarkan on the spot

Rp. 5.500.000,- (Lima juta lima ratus ribu rupiah) Biaya mengikuti bimtek dan ujian sertifikasi ahli pengadaan barang dan jasa pemerintah dengan akomodasi menginap hotel selama 5 malam. dibayarkan on the spot

1. Fasilitas dengan penginapan

    • Bimtek kit (Tas bimtek, Alat tulis dan Modul).
    • Checkin & Checkout : 1 hari sebelum kegiatan & 1 hari setelah kegiatan selasai.
    • Akomodasi hotel selama 5 malam Twin sharing (1 Kamar untuk 2 orang peserta).
    • Sarapan pagi, Makan siang, Makan malam & 2 X Coffebreak – Selama kegiatan berlangsung.
    • Flasdisk 8 GB & Souvenir.
    • Sertifikat bimtek dari LEK2PN DIKLAT
    • Antar jemput bandara untuk group rombongan minimal 6 peserta.
    • Free akses wifi.
  •  

2. Fasilitas peserta tanpa penginapan

  • Bimtek kit (Tas bimtek, Alat tulis dan Modul).
  • Makan siang, Makan malam & 2 X Coffebreak – Selama kegiatan berlangsung
  • Flasdisk 8 GB & Souvenir.
  • Sertifikat bimtek dari LEK2PN DIKLAT
  • Antar jemput bandara untuk group rombongan minimal 6 peserta.
  • Free akses layanan wifi.

Download Formulir Pendaftaran : Di sini

Konfirmasi peserta paling lambat 4 hari sebelum pelaksanaan bimtek berlangsung. Hubungi kami untuk pertanyaan lainnya : Telp : 021.4306001 – 4305959 | Hp/Wa : 0812.9840.1480 & 0852.1065.2287 

Kenapa Harus Lulus Ujian Sertifikasi Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah Dan Apa saja Keuntungan Setelah Lulus Ujian.

Banyak sekali sebenarnya sisi positif dengan mengambil bagian dari pekerjaan ini. Berikut kami jabarkan.

  • Berhak untuk mengurus pengadaan barang dan jasa

Setelah lulus ujian pengadaan barang dan jasa, maka anda akan berhak ikut terlibat secara aktif dalam proses pengadaan barang dan jasa. Entah itu sebagai pejabat pengadaan barang dan jasa, sebagai panitia lelang, ataupun sebagai pejabat pembuat komitmen. Dengan mengambil langkah ini, tentu anda selangkah lebih maju dibandingkan dengan mereka yang hanya menonton bukan ?

  • Mendapat honor tambahan

Ada honor tambahan bagi pengurus pengadaan barang dan jasa. Entah itu sebagai Pejabat Pengadaan Barang dan Jasa, atau sebagai panitia kerja (Pokja). 

  • Memperluas jenjang karir

Bagi yang memiliki sertifikat pengadaan barang dan jasa, maka terbukalah jenjang karir baru bagi mereka yaitu fungsional pengadaan barang dan jasa. Anda pun bisa diminta oleh instansi lain untuk bekerja pada bagian ini bila memang diperlukan karena hanya sedikit orang yang memiliki sertifikat. Beberapa teman saya ditarik dari kabupaten/kota ke Provinsi untuk menjadi bagian pada Unit Layanan Pengadaan (ULP) karena memiliki sertifikat Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ).

  • Menambah ilmu dan wawasan baru

Tentunya, banyak ilmu dan pengalaman baru yang akan anda dapatkan dengan menjadi bagian dari PBJ. Pola pikir akan berubah lebih baik dan anda akan memahami jauh memahami proses birokrasi negeri ini daripada mereka yang bukan bagian dari PBJ.

  • Bekontribusi dalam pengadaan barang dan jasa yang profesional

Sebuah kebanggan sendiri tentunya bisa menjadi bagian dari PBJ. Ada rasa kepuasan yang tak ternilai degan uang bila berhasil mengadakan barang dan jasa yang berkulitas dan bermanfaat bagi kemaslahatan masyarakat.

JADWAL DIKLAT SERTIFIKASI PENGADAAN BARANG JASA PEMERINTAH DILENGKAPI BLANDED LEARNING DAN CARA CARA MENDAPATKAN KELULUSAN

Model Ujian Pengadaan Barang dan Jasa

Sebelum ujian pengadaan barang dan jasa, ada baiknya kita mengenali dulu bagaimana model ujian pengadaan barang dan jasa. Dengan mengenali model ujian, diharapkan kita memiliki gambaran dan persiapan yang lebih matang saat menghadapi ujian. Sebelum mengikuti ujian, peserta akan mengikuti tahapan diklat Pengadaan Barang dan Jasa. Umumnya, diklat ini berlangsung selama 4 hari efektif. Biasanya, langsung diikuti dengan ujian pada hari ke-5. Karenanya, manfaatkan waktu belajar selama 4 hari tersebut untuk menyerap ilmu sebanyak mungkin dari pemateri. Jangan sungkan bertanya hal-hal yang belum dipahami atau terkait istilah yang memang baru dikenal.

 

TIPS LULUS UJIAN SERTIFIKASI PBJP

  • Baca Perpres 16/2018 dari pasal 1 sampai terakhir.
  • Tidak usah dihapal. Baca saja untuk dipahami alurnya.
  • Bikin mind mapnya biar lebih mengerti alur Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.
  • Buat tanda dengan post it di kopian Perpres 16/2018 per bab atau bagian sehingga mudah untuk mencari bagian yang diperlukan. Cara ini Penting, karena ujiannya open Perpres.
  • Sebelum ujian berdoa dulu, minta kemudahan. 
  • Usahakan menjawab soal yang kamu anggap gampang. Jangan terlalu lama terpaku di satu soal karena memikirkan jawabannya. 
  • Jawab soal nomer 26 dan seterusnya lebih dahulu. Mulai nomer 26 adalah soal pilihan ganda dan pilihan ganda studi kasus. Poinnya lebih besar dibanding soal benar/salah. Harus dikerjakan di awal dengan harapan di awal ujian pikiran masih lebih jernih dalam memilih si a, b, c, atau d yang terbaik. Meskipun begitu jangan melupakan soal benar/salah. Meskipun soalnya tampak ringan, butuh kejelian juga dalam menentukan benar atau salah statement yang dikemukakan.
  • Waktu 90 menit untuk 90 soal. Artinya satu soal estimasinya harus kamu jawab dalam waktu 1 menit. Jika kamu siap, ada kemungkinan 1 soal bisa kamu kerjakan kurang dari 1 menit. Sisa waktu bisa kamu gunakan untuk cek ulang jawaban kamu.
  • Jawab semua soal yang ada meskipun harus menebak-nebak. Gak ada sistem nilai minus kok. 
  • Soal-soal tryout atau soal-soal latihan yang biasanya dikerjakan di akhir setiap sesi pelatihan bisa jadi terlihat . Soal ujian yang sebenarnya jauh lebih rumit dan menjebak.
  • Peserta dianggap lulus jika nilai diatas 165.

 

 

 

 

 

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
Open chat
Halo bapak/ibu, ada yang bisa Kami bantu? seputar informasi bimtek anda..